Sabtu, 03 Desember 2016

10 Penemuan Produk Paling Keren & Kreatif 2016

Tidak ada komentar :
Penemuan-penemuan kreatif 2016 dan canggih terus berkembang dan manfaatnya dapat kita rasakan hingga saat dan tahun ini. Berbagai teknologi dapat diaplikasikan tak terbatas pada gadget atau barang elektronik saja, tapi juga ke barang-barang yang kita anggap remeh dan hasilnya pun menjadi tidak terduga. Berikut ini adalah produk-produk keren yang sangat inovatif tahun ini yang bahkan mungkin tidak kita sangka-sangka benar-benar diproduksi:

10 Produk Keren Tahun 2016

1. Senz Windproof Umbrella.


Payung ini bukan sembarang payung. Tidak seperti payung biasa yang selama ini kita gunakan, payung ini dibuat dengan mekanisme kerja khusus untuk menahan terjangan angin yang kecepatannya hingga 100 km/jam. Kekuatan payung ini sudah terbukti melalui uji coba dalam terowongan angin di TU Delft. Payung ini mulanya diciptakan oleh mahasiswa teknik desain dari Delft Technological University (TU Delf), Belanda dengan konsep aerodynamic namun kemudian dirombak dari bentuk bulat ke bentuk asimetris. Payung ini juga memiliki “eye savers” yang melindungi mata dari resiko tertusuk jari-jari payung.

2. Flyboard


Flyboard diciptakan oleh seorang mantan atlet jetski profesional dari Prancis. Flyboard ini merupakan peralatan canggih yang memungkinkan seseorang terbang di atas air. Franky Zapata— nama sang penciptanya, flyboarding menggabungkan empat unsur olahraga yang ia sukai, yaitu jet ski, ski air, snowboard dan juga acrobatic dive. Mekanisme kerja flyboard adalah seperti wakeboard yang terhubung dengan pipa sepanjang 18 meter ke turbin jet ski (personal water craft/PWC). Nozzle yang ada di bawah kaki membuat flyboarder melayang 10 meter di atas permukaan air.

3. Biolite Camp Stove


Kompor mungil yang hanya berukuran sebesar botol minum ini membantu kegiatan memasak Anda saat berkemah tanpa harus membebani barang bawaan. Biolite ini juga dilengkapi slot USB untuk charger gadget. Energi dari kompor ini didapat dari panas api pembakaran. Bahan bakarnya hanya berupa ranting-ranting kecil yang mudah didapatkan.

4. Overade Helmet


Helm ini bisa dilipat dan disimpan di dalam tas. Desainnya merupakan inovasi perpaduan dari compact design namun memiliki ketahanan yang sama layaknya helm standar. Namun sayangnya helm ini baru dijual di Eropa dan Amerika Serikat.

5. Whisper Gloves


Sarung tangan ini diciptakan dan dikembangkan oleh sekelompok insinyur Amerika dan China yang berasal dari Seattle. Dengan custom micro controller dan bluetooth, sarung tangan ini memungkinkan Anda menerima panggilan atau mengoperasikan kamera ponsel dan menjepret dengan cepat, melalui koneksi bluetooth dari ponsel yang terhubung langsung dengan sarung tangan ini. Selain itu sarung tangan ini bisa berada dalam modus siaga selama 15 hari.

6. EyeNetra


Tim peneliti di Massachusetts Institute of Technology dan David Schafran menciptakan EyeNetra, sebuah alat diagnostik yang portable dan murah, menggunakan teknologi canggih yang terhubung dengan smartphone berfungsi melakukan scan mata untuk rabun jauh maupun rabun dekat dan silindris.

7. Word Lens


Lensa ini mampu menerjemahkan teks-teks asing yang tertera pada sebuah papan penunjuk jalan atau menu, lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Dikembangkan oleh tim insinyur Amerika dan Brasil, Word Lens beroperasi pada built in camera pada smartphone atau perangkat sejenis.

8. Window Socket


Diciptakan oleh desainer Korea bernama Kyuho Song dan Boa Oh, Window Socket adalah plug in pertama yang mudah menempel di jendela. Menggunakan energi dari tenaga surya dan saluran untuk internal battery, memungkinkan Anda untuk menggunakannya sebagai pengisi atau sumber tenaga listrik perangkat elektronik atau gadget. Namun, produk ini masih berada dalam tahap prototype.

9. Snooperscope


Produk ini dikembangkan oleh pria Italia bernama Marco Montresor dan Eros Luca Parise, merupakan alat bantu kamera saat di malam hari atau tempat gelap (Night Vision). Kamera bekerja memproyeksikan cahaya infra merah, memungkinkan Anda memotret atau mengambil gambar dalam keadaan tanpa cahaya sekalipun.

10. Oculus Rift


Dikembangkan oleh Palmer Luckey, Oculus Rift merupakan salah satu kacamata Virtual reality (VR), perangkat tambahan pada gadget smartphone yang membuat Anda merasakan sensasi 3D yang lebih baik daripada kacamata 3D biasa. Dengan alat ini, Anda bisa merasakan seperti benar-benar berada pada sebuah game atau film. Kacamata ini dihubungkan ke port USB dan DVI pada laptop atau PC Anda, kemudian melacak gerakan kepala Anda untuk ditransfer ke dalam citra 3D dan menyalurkan suara/audio dengan lebih jelas. Sensor LCD Zero Latency yang terdapat pada Oculus Rift mampu membuat pemakainya merasa berada dalam dunia virtual secara natural dan tidak mengakibatkan pusing atau mual seperti kebanyakan alat VR lainnya. Alat ini dibanderol dengan harga yang sangat fantastis, yaitu 2 milyar USD yang kemudian dibeli oleh pihak Facebook.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar