Sabtu, 17 Desember 2016

5 Alasan Mengapa Pembayaran dengan Sistem Kredit Meresahkan

Tidak ada komentar :
Kredit, cicilan atau angsuran memang terasa ringan karena pembayarannya dilakukan dengan cara mencicil atau mengangsur setiap bulannya. Dengan jumlah total cicilan yang diambil, dibagi dengan jangka waktu pelunasan cicilan. Tetapi, jangan berpikir dengan pola pemikiran yang seperti itu. Karena, ternyata cicilan juga cukup meresahkan. Sistem ini terkadang dianggap terlalu beresiko bagi sebagian orang. Sehingga tidak semua orang akan tertarik untuk memiliki kartu kredit.



Alasan mengapa pembayaran dengan sistem kredit meresahkan, antara lain:

1. Kartu jenis ini dapat dengan mudah dibobol oleh penjual toko yang curang.
Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menggesek kartu dua kali kemudian memalsukan tanda tangan Anda sesuai dengan tanda tangan Anda di slip pertama.

2. Suku bunga.
Ketika Anda melakukan pembayaran dengan sistem kredit, tentu Anda akan dibebankan juga untuk membayar bunga. Biasanya, bunga inilah yang memberatkan untuk pembayaran cicilan. Semakin banyak Anda menggunakan transaksi menggunakan kartu kredit, maka Anda akan dibebankan dengan bunga yang semakin besar.

3. Jenis kartu kredit yang memiliki band magnetik memiliki keamanan yang jauh lebih rendah dibandingkan kartu kredit lainnya.

4. Pembayaran per tahun yang cukup mahal.

5. Jangan sampai Anda berurusan dengan debt collector yang nantinya akan menyebabkan Anda mengalami masalah yang jauh lebih besar lagi.

Tetapi, kartu kredit juga tidak semata-mata meresahkan dan sangat beresiko untuk dimiliki. karena dibalik kelemahannya, juga Ada keuntungan atau kelebihan yang ada dengan menggunakan kartu kredit, antara lain:

1. Kartu kredit dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang mudah.
2. Kartu kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran menjadi satu.
3. Kartu kredit dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran secara rutin.
4. Kartu kredit dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran.
5. Tidak perlu membawa uang cash kemana-mana, sehingga menghindari resiko kehilangan uang.
6. Pemilikan kartu kredit luar negeri, dapat mempermudah perjalanan Anda ke luar negeri.
7. Kemudahan dalam pembayaran dengan cara mencicil.
8. Bisa dianggap lebih bergengsi.
9. Tingkat keamanan yang tinggi, bila kartu Anda hilang. Anda bisa meminta pihak bank untuk memblokir kartu Anda.
10. Bisa melakukan transaksi bisnis di internet (e-commerce).
11. Bisa melakukan transaksi lewat media internet.

Dari kelebihan-kelebihan di atas, tentu masih banyak lagi kelebihan yang ada dengan memiliki kartu kredit. tetapi sebaiknya jika Anda tidak terlalu membutuhkan kartu kredit sebagai alat pembayaran Anda. Lebih baik Anda tetap menggunakan uang cash saja atau ATM. Karena, tidak jarang orang yang mengalami kredit macet dan akhirnya berurusan dengan debt collector. Jika sudah sampai seperti itu, akan sulit bagi Anda untuk mengurusnya. Karena biasanya akan berujung lewat jalur hukum. Sehingga lebih baik Anda menggunakan alat pembayaran yang umum, seperti biasanya.

Namun, jika Anda berniat untuk memiliki kartu kredit. Ingatlah selalu untuk menggunakan kartu kredit secara bijaksana dan jangan menggunakannya secara berlebihan. Ingatlah dengan tagihan yang akan dibebankan kepada Anda pada akhir pembayaran. Jangan sampai Anda membeli barang-barang yang tidak sesuai dengan kapasitas Anda dari segi gaji. Karena itu akan dapat memberatkan Anda ketika melakukan pembayaran. Selain itu, bunga yang dibebankan juga menjadi besar. Bijak-bijaklah dalam berbelanja dan menggunakan alat pembayaran yang tepat dan sesuai dengan Anda.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar