Jumat, 16 Desember 2016

Cara Jitu Untuk Menabung Meski Gaji Belum Sampai 4 Juta

Tidak ada komentar :
Anda menginginkan sesuatu, seperti rumah pribadi, mobil, ataupun investasi lainnya? Tetapi semua itu terkendala jumlah gaji Anda yang belum maksimal. Anda bisa memulai semua itu dengan cara menabung. Sejak kecil, tentu Anda selalu diajarkan untuk menabung dengan cara menyisihkan sebagian uang jajan setiap harinya. Hal ini tentunya sejalan dengan kebutuhan mendadak yang kadang dialami oleh setiap orang. Terkadang, Anda membutuhkan yang namanya uang simpanan yang akan digunakan jika sewaktu-waktu ada keperluan yang mendesak. Inilah yang mulai diajarkan oleh orangtua kita sejak kecil. Agar ketika Anda tumbuh dewasa, Anda sudah tidak perlu lagi kesusahan untuk belajar menabung.



Meskipun tidak semua orang bisa untuk menabung. Karena, mungkin tidak terbiasa dengan kebiasaan tersebut. Ternyata menabung tidak hanya sekedar menyisihkan uang saja, tetapi ada caranya. Jika, Anda belum terbiasa. Coba terapkan cara-cara ini, agar Anda bisa menabung dengan mudah. Bagaimana cara agar mudah dalam menabung?

1. Menabung di awal gajian.

Jangan pernah berpikir untuk menabung di akhir bulan. Dengan persepsi jika ada uang sisa, maka Saya akan menabung. Persepsi yang seperti itu sangat keliru. Karena ujung-ujungnya jika sudah di akhir bulan. Uang tersebut akan ludes terpakai. Akhirnya Anda tidak akan dapat menabung.

2. Gunakan fasilitas auto debit.

Dengan fasilitas ini Anda akan secara otomatis menabung di dalam rekening gajian Anda. Jadi setiap bulannya Anda bisa menabung.

3. Tetapkan besaran uang yang Anda akan tabung.

Jadi, agar lebih mudah. Tetapkan saja nominal Anda menabung, agar kegiatan Anda dalam menabung dapat berjalan secara konstan dan teratur.

4. Catat semua pengeluaran Anda.

Apapun dan berapapun uang yang Anda keluarkan harus Anda ketahui dan Anda catat. Agar setiap pengeluaran Anda dapat diketahui dengan jelas.

5. Tetapkan anggaran pengeluaran.

Membatasi anggaran belanja atau pengeluaran adalah hal yang paling efektif untuk menabung. Karena dengan adanya anggaran yang jelas, Anda tidak akan bisa mengeluarkan uang secara sembarangan untuk keperluan-keperluan yang tidak penting.

6. Bedakan uang Anda sesuai dengan fungsinya.

Hal ini akan meminimalisir uang Anda tercampur dan terpakai tidak sesuai dengan fungsinya masing-masing.

7. Pisahkan rekening.

Rekening harus dibedakan agar tidak tercampur. Rekening tabungan dan rekening kebutuhan sehari-hari harus selalu dibedakan, agar antara uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, tidak tercampur dengan uang tabungan Anda. Dengan begini, resiko uang Anda akan tercampur sangat minim.

Jika Anda sudah sering menabung, atau bagi Anda yang baru akan mulai belajar menabung. Menabung adalah hal yang baik bagi Anda, dan juga memiliki berbagai manfaat. Manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menabung, antara lain:

1. Menjauhkan Anda dari sifat boros dan berlebihan.
2. Tabungan Anda dapat Anda gunakan untuk pemenuh kebutuhan sehari-hari.
3. Menjauhkan Anda dari sikap meminjam atau berhutang uang.
4. Melatih Anda untuk jauh lebih bijak dalam menggunakan uang.
5. Investasi hari tua.
6. Perencanaan atau tabungan dana pendidikan.
7. Dapat digunakan sebagai modal usaha.

Menabung tidak harus selalu dilakukan oleh orang berpenghasilan besar. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki gaji kecil. Anda juga bisa memulai untuk menabung. Intinya, jangan pernah takut untuk mulai menabung, karena tabungan yang Anda simpan akan dapat berguna suatu saat nanti.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar